Posted by On May 15, 2017

Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.

SWI-Prolog merupakan implementasi open source bahasa pemrograman Prolog, biasanya digunakan untuk mengajar dan aplikasi web semantik. Ini memiliki seperangkat kaya fitur, perpustakaan untuk pemrograman kendala logika, multithreading, unit testing, GUI, interfacing ke Jawa, ODBC dan lain-lain, server web,  pengembang alat (termasuk sebuah IDE dengan GUI debugger dan profiler GUI), dan dokumentasi yang ekstensif.

SWI-Prolog dapat berjalan dalam platform windows, linux dan macintosh, tapi setiap Platform berbeda cara dan tipe instalasinya, yang saya akan bahas adalah Instalasi Untuk Windows.

Cara Instal:
  1. Download dan Klik file “Software swi prolog” ini.
  2. Instal programnya seperti biasa.
  3. Select the type of install : pilih Typical , jika ingin customize instalasi juga bisa dengan check dan uncheck pada radio button tersebut. Bagi yang baru pertama kali install saya rekomendasikan memilih Typical.
  4. Langkah selanjutnya Click Start  > All Programs > SWI-Prolog .exe
  5. Done
Screenshot

 SWI Prolog Download (19 Mb)
Download Button
Masukkan email untuk mendapatkan update artikel Mokz Software.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »